Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Penyakit Migrain


Migrain dan Penyebabnya
Sakit kepala migrain bisa terasa sangat menyakitkan. Migrain diwariskan secara turun-temurun. Kebanyakan orang yang memiliki anggota keluarga yang  mempunyai sejarah migrain maka akan memiliki potensi menderita migrain akan lebih besar. Selama migrain, saraf spesifik dari pembuluh darah dan otot kepala diaktifkan dan mengirim sinyal rasa sakit ke otak.
Ada 5 fase yang teridentifikasi terjadi pada saat migrain
  1. Prodome : peringatan yang bisa datang sebelum migrain. Dapat berupa perubahan mood, perubahan pada indra penciuman dan perasa yang menjadi aneh, kelelahan dan ketegangan otot.
  2. Aura : gangguan penglihatan sebelum fase migrain. Beberapa orang mengalami bintik-bintik buta. Rasa sakit biasanya akan pada satu sisi kepala.
  3. Sakit kepala: ini adalah tahap berikutnya yang terjadi hanya di satu sisi kepala namun dapat pula terjadi di kedua sisi. Seorang yang mengalami ini biasanya  merasa mual dan akan muntah. Fase ini berakhir setelah 4 jam atau bahkan 2-3 hari.
  4. Pemutusan: sakit kepala biasanya hilang dengan tidur.
  5. Postdome: tanda-tanda lain mungkin berlama-lama setelah sakit kepala telah pergi.
Migrain dapat hilang sendiri tanpa pengobatan, tetapi beberapa orang memerlukan obat-obatan untuk membantu meredakan sakit kepala dan mual.
Migrain yang terjadi tiba-tiba dapat disebabkan oleh penyakit, infeksi atau kondisi lainnya. Namun hal yang paling banyak menyebabkan Migrain adalah sebagai berikut:
  1. STRES! Stress karena pekerjaan, keributan di rumah, tugas kuliah, dan situasi tegang lainnya dapat menyebabkan migrain. Stress adalah pemicu Migrain
  2. Diet yang salah. Diet dapat menjadi masalah jika tidak diikuti dengan benar, dan dapat juga pemicu migrain
  3. Kehidupan Sex. Mungkin bagi Anda ini aneh atau lucu, tapi itulah kenyataannya. Perasaan emosional sangat berpengaruh terhadap migrain, termasuk kehidupan sex.
  4. Cuaca. Kelembaban, hujan, panas berlebihan, ini semua faktor yang memicu sakit kepala.
  5. Lingkungan. Seperti rokok, asap, kabut asap di pinggiran kota, parfum, semua pemicu juga.
  6. Sinus. Sinusitis dan radang lain dari infeksi tenggorokan (faringitis) atau telinga juga bisa menyebabkan sakit kepala. Ada banyak kontroversi apakah sinus merupakan penyebab migrain. Tapi yang jelas bahwa saat mengalami sinus, ada tekanan yang berlebihan pada syarat hidung dan sekitar kepala.
Masih banyak lagi pemicu dari Migrain yang bisa saja terjadi. Untuk menghindari Migrain dan penyakit lainnya, mulailah hidup sehat dan selalu bahagia!

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar