Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Media Relations


Media Relations : Konsep, Pendekatan, dan Praktek
Media Relations : Konsep, Pendekatan, dan Praktek

Public Relatoin (PR) pada dasarnya bertumpu pada komunikasi dan relasi. Melalui PR, organisasi berkomunikasi dan menjalin relasi dengan publik-publiknya. Dalam menjalin komunikasi dan relasi publik-publiknya, organisasi memerlukan media massa. Karena itu media relations menjadi bidang penting dalam dunia PR.

Ada dua sisi yang hendak dijangkau melalui media realtions. Pertama, menjalin hubungan baik dan berkomunikasi dengan media massa. Kedua, menjadikan media massa sebagai mitra agar organisasi bisa berkomunikasi dengan publik-publiknya. Itu sebabnya, media relations menjadi sangat strategis bagi organisasi. Lebih jauh lagi, dalam berkomunikasi dan menjalin relasi itu, organisasi pun menggunakan media massa untuk menjaga reputasinya.

Oleh sebab itu, penting sekali bagi (calon) praktisi PR untuk memahami seluk beluk dunia media massa. Untuk bisa memahami media massa, mereka perlu memahami mediascape Indonesia mutakhir. Karena dunia media massa Indonesia mengalami perubahan mendasar sejak reformasi bergulir di Indonesia. Ditambah lagi dengan munculnya media baru, khususnya yang memanfaatkan internet, yang memungkinkan juga munculnya praktek e-public relations atau cyber-public relations.

Buku yang cukup menarik untuk dibaca ini membahas konsep-konsep dasar PR yang perlu dipahami dalam upaya menjalin hubungan yang baik dengan media massa. Selain itu, dibahas pula beberapa pendekatan yang lazim dilakukan dalam media relations, serta sisi-sisi praktis media relations. Dalam buku ini ditunjukkan beberapa contoh praktis kegiatan media relations, termasuk contoh media relations dalam situasi krisis. Oleh karena itu, buku ini penting dibaca oleh konsultan PR, pihak yang berkecimpung dalam bidang PR, para peminat PR serta mahasiswa PR.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar