Diberdayakan oleh Blogger.
RSS


MEREKAM PERADABAN LEWAT QUIPU

Bangsa Inka merupakan bangsa dengan peradaban yang mengagumkan. Selain situs Machu Picchu yang diklasifikasikan UNESCO sebagai warisan dunia, bangsa besar ini memiliki keunikan lain. Salah satunya adalah Quipu.
Quipu yang dalam bahasa Quechua (bahasa Inka kuno) berarti simpul tali ini, merupakan simpul-simpul tali berwarna-warni. Pada quipulah bangsa Inka mencatat segala hal yang mereka lakukan. Mulai dari pencatatan kalender, jumlah ternak, sampai aturan-aturan dalam hidup bermasyarakat. Bansa Inka kuno tidak memiliki sistem penulisan atau abjad resmi sperti pada peradaban bangsa lain. Dokumentasi orang Inka ini, sangat mengageetkan bangsa Spanyol, saat tiba di wilayah kekuasaan Inka. Bagaimana bisa bangsa yang telah lama memimpin Amerika Selatan (1100-1532), bisa mengatur kerajaannya dengan baik hanya dengan menggunakan tali untuk merekamnya. Hal ini dungkapkan oleh Hiram Bingham, seorang penjelajah yang menemukan reruntuhan Machu Picchu pada tahun 1911.
Quipu terdiri dari simpul-simpul tali dengan warna dan ketebalan yang berbeda di tiap simpulnya. Warna dan ketebalan ini memiliki makna tersendiri sesuai dengan kebutuhannya. Sebagai contoh, untai kuning pada quipu, menggambarkan jagung sebagai hasil perkebunan utama, kuning keemasan menggambarkan emas, sebagai hasil tambang. Pada simpul-simpul bersusun dalam pencatatan populasi, simpul pertama mewakili populasi pria, yang kedua mewakili populasi wanita dan yang ketiga mewakili populasi anak-anak. Tak hanya itu, quipu juga digunakan untuk menghitung jumlah persenjataan bangsa Inka. Jumlahnya disesuaikan dengan posisi simpul, semakin keatas berarti jumlahnya semakin besar.
Orang-orang yang membuat Quipu disebut dengan Quipucamayocs, yang dalam bahasa Quechua berarti akuntan kekaisaran. Quipucamayocs tersebar di semua wilayah kekuasaan Inka. Hal ini terjadi karena setiap tahun harus ada pencatatan tentang keadaan masyarakat di seluruh negeri. Selain mencatat segala urusan pemerintahan yang berkaitan dengan kepentingan rakyat, Quipucamayocs juga bertugas merekam keterangan mengenai hubungan luar negeri kerajaan Inka.
Para Quipucamayocs juga mampu membaca dan memahami quipu yang dibuat oleh generasi terdahulu. Bila masyarakat ingin mengetahui sepenggal sejarah tentang pendahulunya, mereka meminta para Quipucamayocs untuk membacakan quipu yang bersangkutan. Hal ini menunjukan bahwa Quipucamayocs juga seorang penyampai sejarah yang baik.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar