Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Sekretaris dalam era informasi global


SEKRETARIS DALAM ERA INFORMASI GLOBAL

Walaupun kemajuan teknologi mempermudah banyak tuga sekretaris, akan tetapi dengan semakin kompleksnya kerja seseorang eksekutif, kebutuhan akan tenaga sekretaris yang mampu mengantisipasi perkembangan zaman terus meningkat.
Sekretaris yang kompeten merupakan asset yang sangat berharga bagi seorang eksekutif. Di zaman ekonomi global dengan tingkat teknologi tinggi, para eksekutif menjadi sangat tergantung pada dukungan stafnya untuk mengkontrol sistem yang baru. Ini juga merupakan undangan bagi para sekretaris untuk meninggalkan kenyamanan yang sudah dikenal dan kenikmatan masa lalu dan mulai menantang peran mereka yang telah berubah di tempat kerja dengan antusias.
Era globalisasi informasi dan kemajuan ilmu pengetahuan teknologi menuntut orang-orang yang menggeluti profesi sekretais untuk selalu menyesuaikan diri dan memperlebar wawasan bila tidak ingin tenggelam dalam persaingan atau ritinitas pekerjaan. Walaupun demikian, era informasi ini hendaknya tidak dijadikan ancaman sebab era ini sebenarnya telah menciptakan kesempatan yang tidak terduga bagi para sekretaris untuk meningkatkan status pekerjaannya dan pada akhirnya gaji mereka.
Perubahan-perubahan akibat dari kemajuan iptek telah terjadi. Kebanyakan dari perubahan-perubahan itu bisa jelas terlihat, misalnya :
·         Banyak tugas, seperti pembukuan dan pengetikan, sekarang dikerjakan dengan komputer.
·         Surat-surat di banyak kantor tidak lagi dikirim dengan jasa pos, ttetapi dengan alat kirim elektronik, seperti mesin faks atau e-mail.
·         Telepon semakin vital fungsinya.
·         Penelitian tidak lagi terbatas pada perpustakaan lokal, tetapi dari database yang bersifat nasional.
·         Mencari arsip di kantor-kantor yang modern, berarti memanggil data dari dokumen yang tersimpan di dalam disket.
Satu keharusan yang harus dimiliki sekretaris dalam Era Globalisasi Informasi ini adalah kemampuan untuk bekerja secepatnya terutama dalam menangani informasi-informasi vital. Demikian juga bagi sekretaris yang tidak begitu tertarik dengan informasi-informasi baru.


Persiapkan Masa Depan
Dunia usaha sudah banyak berubah dalam waktu beberapa bulan saja. Duni usaha juga tidak hanya dibatasi dengan nusantara, namun juga menapak ke dunia internasional. Masa depan adalah milik orang-orang yang bisa mengambil peluang baru tanpa mengabaikan kesempatan yang ada. Masa depan adalah milik mereka yang mampu memprakarsai gagasan baru dan mengusahakan realisasi atas gagasan-gagasannya.
Beberapa langkah yang bisa diambil untuk meningkatkan karier sebagai sekretaris, antara lain:
a.       Pendidikan Lanjutan dan Pelatihan
ambil kesempatan yang diberikan oleh perusahaan untuk mempelajari teknologi atau sistem baru, misalnya menghadiri seminar, ikut serta dalam program pelatihan perusahaaan.
b.      Membaca
Bacalah surat kabar, majalah-majalah terutama mengenai dunia. Jadikan kebiasaan membaca buku-buku tentang teknologi baru dan jurnal-jurnal perdagangan yang begubungan langsung dengan bisnis perusahaan. Banyak karier seorang sekretaris mandek hanya karena kemampuannya terbatas pada kegiatan administrasi rutin saja.
c.       Bergaul dengan kaum profesional
Masuk ke dalam perkumpulan-perkumpulan yang menawarkan informasi, dukungan,dan kesempatan pengembangan karier. Saat ini semakin banyak event yang memungkinkan sekretaris bertemu dengan rekan-rekan seprofesi maupun kalangan bisnis dan profesional muda.
d.      Tingkatkan efektivitas dan efisiensi kerja
Bekerja keras serta giat saja tidaklah cukup. Work Smart Not Hard, merupakan istilah yang semakin populer di kalangan eksekutif. Untuk berhasil, harus bisa bekerja lebih cepat dari orang lain dan menghasilkan lebih banyak dan lebih banyak lagi bagi kemajuan perusahaan.
e.       Kemukakan ide dan bersikaplah proaktif
Dalam persaingan usaha yang cukup ketat, sekretaris menjadi anggota team manajemen kelas atas yang sangat diperhitungkan karena ia biasa berada di antara perusahaan. Keadaan harus bisa dimanfaatkan dengan selalu berpikir lebih dari apa yang diminta. Bekerja dengan manajemen penentu arah perusahaan memungkinkan suara dan ide lebih didengar.
Para sekretaris sekarang diharapkan bukan hanya berpakaian seperti manajer, melainkan juga berpikir logis, kritis, analitis, pragmatis, kreatif, dan mampu bekerja mandiri tanpa banyak supervisi sehingga pimpinan tidak segan-segan mendelegasikan tugasnya secara ekstensif.
Profil Sekretaris yang berhasil
Belajar tentang bisnis dan posisi perusahaan merupakan syarat utama, meneruskan pendidikan dan pelatihan juga merupakan proses yang akan membawa keuntungan nantinya.
Jarang ada sekretaris yang bekerja terisolir. Mereka harus belajar bagaimana bergaul dengan rekan kerjanya sehari-hari dan bagaimana mereka menangani aspek-aspek baik dan buruk yang ada di kantor. Kualitas personal yang penting antara lain :
a.       Bekerja efektif sebagai anggota tim dengan tetap memelihara kemampuan untuk berinisiatif  dan mengelola suatu proyek dengan mandiri.
b.      Bisa bekerja sama, penuh pengertian, dan tegas dalam berhubungan dengan sesama.
c.       Penuh perhatian terhadap hal-hal kecil dan terus mengembangkan sifat teliti dalam kerja dan terhadap sesama.
d.      Menjunjung tinggi kerahasiaan dan tuntutan etika di tempat kerja.
e.       Ciptakan kesan pribadi yang baik dan kesan perusahaan yang menyenangkan melalui penmpilan bisnis dan sikap-sikap positif dan gembira.
f.       Lakukan tugas dengan jujur dan profesional.
g.      Berusaha terus kreatif dan bersikap proaktif.
Kunci untuk berkembang dalam pekerjaan selanjutnya adalah ambisi dan keinginan sendiri. Pentingnya pekerjaan hanya pribadi yang dapat merasakannya. Seorang sekretaris eksekutif bekerja dalam situasi bisnis yang dinamis, tepat di tengah-tengah kesibukan. Semakin banyak yang diketahui, semakin mampu untuk berkembang dan berfungsi lebih pada perspektif. Karier sebagai sekretaris itu sendiri penting dan sangat menyenangkan, tetapi yang lebih menantang lagi adalah bahwa karier ini bisa menuntun ke posisi eksekutif yang sesungguhnya. Sebagai sekretaris harus berjalan pada naluri sendiri.
Dibawah ini beberapa tuntunan untuk berhasil dalam pekerjaan dan kehidupan sekretaris, yaitu :
a.       Kenali diri sendiri
Setelah memasuki dunia kerja, kita akan memulai menyadari bakat-bakat yang kita miliki,motivasi, dan nilai-nilai yang kita hargai.
b.      Tetapkan sasaran
Sasaran hendaknya yang realistis dan mungkin dicapai.
c.       Kejar sasaran-sasaran itu dengan antusiasme
Antusiasme merupakan suatu kebiasaan sehingga dapat dibina. Bekerja, yang ternyata berbeda dengan harapan kita, memang terkadang membosankan dan penuh dengan masalah-masalah hubungan manusia, dan politik kantor.
d.      Pertimbangkan masak-masak setiap langkah yang diambil
Pilih salah satu langkah yang memberikan manfaat terbesar yang mengarahkan ke sasaran terakhir. Walaupun demikian, jangan takut mengambil resiko. Kesalahan yang banyak dibuat semakin diperkaya.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar