Pengertian Humas
Hubungan masyarakat, atau sering
disingkat humas adalah seni menciptakan pengertian publik yang lebih baik
sehingga dapat memperdalam kepercayaan publik terhadap suatu individu/
organisasi.
Menurut IPRA (International
Public Relations Association) Humas adalah fungsi manajemen dari ciri yang
terencana dan berkelanjutan melalui organisasi dan lembaga swasta atau publik
(public) untuk memperoleh pengertian, simpati, dan dukungan dari mereka yang
terkait atau mungkin ada hubungannya dengan penelitian opini public di antara
mereka.
Sebagai sebuah profesi seorang
Humas bertanggung jawab untuk memberikan informasi, mendidik, meyakinkan,
meraih simpati, dan membangkitkan ketertarikan masyarakat akan sesuatu atau
membuat masyarakat mengerti dan menerima sebuah situasi.
Seorang humas selanjutnya
diharapkan untuk membuat program-program dalam mengambil tindakan secara
sengaja dan terencana dalam upaya-upayanya mempertahankan, menciptakan, dan
memelihara pengertian bersama antara organisasi dan masyarakatnya.
Posisi humas merupakan penunjang
tercapainya tujuan yang ditetapkan oleh suatu manajemen organisasi. Sasaran
humas adalah publik internal dan eksternal, dimana secara operasional humas
bertugas membina hubungan harmonis antara organisasi dengan publiknya dan
mencegah timbulnya rintangan psikologis yang mungkin terjadi di antara
keduanya.
Contoh dari kegiatan-kegiatan
Humas adalah: melobi, berbicara di depan publik, menyelenggarakan acara, dan
membuat pernyataan tertulis.
Fungsi humas
Menurut Edward L.Bernays humas memiliki fungsi sebagai berikut :
Menurut Edward L.Bernays humas memiliki fungsi sebagai berikut :
1. Memberikan
penerangan kepada publik
2. melakukan
persuasi kepada publik untuk mengubah sikap dan tingkah laku publik
3. Upaya
untuk menyatukan sikap dan perilaku suatu lembaga sesuai dengan sikap dan
perbuatan masyarakat, atau sebaliknya.
Namun pada dasarnya, Fungsi/Tugas Humas ada 5 :
1. Customer
relations seperti membangun hubungan baik dengan pihak luar,maksudnya menjalin
hubungan baik antara perusahaan dengan public dan hubungan dengan konsumen.
2. Employee
relations, seperti membangun hubungan antara pimpinan dengan bentuk kerjasama
dan komunikasi yang baik antara atasan dan bawahan.
3. Community
relations,
membangun hubungan baik dengan komunitas atau masyarakat
membangun hubungan baik dengan komunitas atau masyarakat
4. Government
relations,
menjalin hubungan yang baik dengan pemerintah
menjalin hubungan yang baik dengan pemerintah
5. Media
Relations
menjalin hubungan yang baik dengan media
menjalin hubungan yang baik dengan media
0 komentar:
Posting Komentar